Rere Cerita Teman-Temannya

Chanda dan Rico adalah teman kelas SMA. Mereka mempunyai riset yang sama yaitu fotografi. Karena aku teman sekelas mereka jadi aku tahu betul persiapan mereka sebelum presentasi. Chanda merupakan orang yang mudah grogi ketika berbicara di depan umum. Sehari sebelum presentasinya dia sudah kebingungan memilah foto untuk di display. Sedangkan Rico, Rico tipe orang yang sangat cuek. Dia menyiapkan presentasi dengan tenang meskipun kadang Rico butuh diingatkan untuk beberapa hal. Dalam memilih foto untuk dicetak Rico dibantu oleh Chanda.

Fasilitator Aji & Rico
Chanda & Karyanya

Pagi harinya Chanda semakin gugup, dia berlatih presentasi sampai 3 kali didepan teman-teman SMA. Ternyata pagi itu bukan hanya Chanda dan Rico yang akan presentasi di ruangan Togog-mbilung. Adik kami Oyik, Naya dan Arya juga telah siap menceritakan pengalaman hasil risetnya. Presentasi dimulai oleh Oyik dari kelas 5 SD, dipandu pak Aji dia menceritakan fotografinya dengan tema SALAM. Oyik mengambil foto beberapa ruangan SALAM yaitu ruang Limbuk-cangik, Semar, Togog-mbilung, Petruk, Raya dan Bagong-Gareng.

Setelah Oyik, Rico presentasi tentang foto yang dia ambil ketika event Wiwitan dan Kirap sampah di ISI. Selain itu Rico juga membantu mendokumentasikan riset make up teman sekelas yaitu Vena dan foto sebuah produk karyaku bersama Fafa. Dalam hal ini aku sangat mendukung Rico fokus untuk riset foto produk di semester berikutnya karena Rico terlihat tertarik pada kegiatan ini. Aku pun berharap Rico lebih percaya diri nantinya. Rico tidak banyak bercerita dipresentasinya tapi dia berhasil memberi pengertian pada kami tentang ISO dan shutter speed dengan tenang.

Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Naya, Naya bercerita mengenai dokumentasi riset memasak bayam. Saat pak Aji bertanya tentang kendala yang terjadi saat proses riset. Naya menuturkan bahwa dia tidak mengalami kendala yang berarti saat proses risetnya karena dia sering berlatih memasak.

Sedari tadi menanti gilirannya akhirnya Chanda berbagi pengetahuan perihal pencahayaan, over exposure, apperture dan tutorial mengedit foto. Foto-foto yang dipamerkan Chanda kebanyakan merupakan foto dengan orang sebagai modelnya. Teman-teman menyukai foto yang dibidik dan diedit oleh Chanda. Aku tahu hal itu saat melihat ketertarikan teman-teman sebelum  presentasi dimulai,mereka memenuhi karya pameran foto Chanda. Di dalam proses risetnya Chanda mengakui kesulitan saat mengarahkan model dan menentukan angle tapi menurutku Chanda sudah cukup paham mengoperasikan kamera. Kedepannya aku harap Chanda akan lebih percaya pada dirinya sendiri dan berani mengambil keputusan sendiri.

Presenter terakhir adalah Arya. Aku tidak cukup mengerti tentang pemilihan tema risetnya dari memancing sampai berganti ke memotret. Arya pun tidak banyak bercerita pada kami, ini menyulitkanku memahami proses dia saat riset. Arya memamerkan beberapa karya foto, karya foto yang paling dia sukai adalah foto bunga berwarna kuning. []