Potret Kehidupan di Kasongan

TINGGAL cukup lama di Kasongan, Bantul, membuat Bima Batutama merekam begitu banyak aktivitas dinamis masyarakat di sana. Pria kelahiran Solo, 23 Desember 1971 ini melihat kejadian di sekeliling Kasongan tempat dia tinggal dulu. Bima memotret banyaknya pembuat keramik di sana kemudian melukiskannya.

Karya lukis yang dia tampilkan di Pameran CARAKA yang bakal diadakan di Warung Kopi DST, RT 8 Kasihan, Tamantirto, Kasihan, Bantul pada 2-15 Mei nanti ini berjudul ”Membuat keramik”. Karya yang dibuatnya pada 2009 silam.

Ayah dari Ayudha Isvara Presya ini menampilkan karya pastel di atas kertas. Saat ditanya apa alasannya. Bima mengungkapkan kegemarannya menggunakan media pastel saat berkarya.

”Karena aku nggak suka pakai akrilik dan cat minyak,” tutur pria yang menamatkan studinya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI) ini.

Bima yang menganut aliran naturalis dan realis pada lukisannya ini berpendapat bahwa seni itu memengaruhi psikologis seseorang. Tidak hanya pada tataran pendidikan saja. Tetapi tataran yang lebih luas lagi, yakni kehidupan. []