Review/Opini (MOST DANGEROUS WAYS TO SCHOOL BOLIVIA)

Di jaman yang semakin maju ini, seharusnya tidak ada masalah lagi untuk pergi ke sekolah. Kita biasanya pergi ke sekolah naik sepeda, diantar orang tua, atau bahkan naik ojek online yang sudah kita pesan sebelumnya. 

Tapi dibalik itu semua, tepatnya ada di sebuah tempat terpencil di salah satu negara termiskin di Amerika Latin, yang bernama lembah Yungas, Bolivia, ada perjuangan besar yang dilalui anak-anak untuk pergi ke sekolah. Mereka rela mempertaruhkan hidup mereka demi peluang untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan di sana sangatlah minim. Maka dari itu untuk pergi ke sekolah mereka harus menempuh perjalanan jauh yang hanya dilakukan dengan berjalan, itupun membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam.

Selain itu mereka juga harus melewati jalan-jalan yang berbahaya seperti, melewati bukit ular dan menyeberangi jurang dengan seutas baja besi yang sudah berusia sekitar 30 tahun, anak-anak di sana memasrahkan hidup mereka pada bentangan kawat baja usang, rasa takut, lapar dan lelah merupakan kawan tetap seperjalanan mereka. 

Jadi kita sebagai manusia yang dianugrahi serba kecukupan,janganlah kita sia-siakan hal tersebut. Di tempat yg jauh di sana masih banyak anak-anak yg bersemangat sekolah walaupun keadaan sangat tidak memungkinkan. Marilah kita mengangkat derajat kita menjadi manusia yg berilmu tinggi dan berwawasan luas.