Sekolah Keluarga

Dalam proses belajar, dunia pendidikan pada perkembangannya tidak dapat dipisahkan dari Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling berhubungan baik secara sendiri-sendiri maupun secara komunal.

Keluarga sebagai satuan organisasi terkecil yakni setiap orang yang menghuni rumah (Rumah Tangga), di mana masing-masing anggota keluarga saling mempengaruhi, saling membutuhkan, semua melayani seorang dan seorang melayani semua. Dalam keluarga anak membutuhkan pakaian, makanan, bimbingan, kepengasuhan dari orangtua dan juga orangtua memerlukan rasa kebahagiaan serta menerima dengan kehadiran anak dengan segala fitrah dan keadaannya.

20160510-fskRelasi antara orangtua dan anak-anak serta anggota keluarga yang ada, dalam proses belajar merupakan upaya masing-masing mendewasakan diri. Bahwa seluruh relasi dalam keluarga mengandung faktor pendidikan. Dengan kedeketan itulah orangtua keluarga mempunyai arti penting dalam perkembangan anak serta anggota keluarga secara keseluruhan.

Keluarga memiliki peranan penting untuk membentuk citra, kepribadian dan watak anggota keluarganya. Dari satuan terkecil itu terbentuklah gagasan untuk terus mewariskan standar nilai, watak dan kepribadian yang baik yang diakui oleh semua golongan masyarakat, dan salah satu institusi yang mewarisakan kepribadian dan watak kepada masayarakat diantaranya yang diharapkan adalah sekolah.

Proses pendidikan merupakan upaya yang memang secara sadar, terkonsep dan terencana dilakukan melalui proses belajar untuk mengembangkan potensi dasar secara jasmani dan rohani, memahami sebab akibat sehingga dapat mengerti kecenderungan dirinya, mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, yang terpenting mampu mengarungi gelombang kehidupan berikutnya.

Sebagaimana pendidikan umumnya, kita mengetahui bahwa pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia, baik dalam lingkungan keluarga yaitu orang tua sebagai pengasuh di dalam keluarga dan guru di lingkungan sekolah. Pengaruh serta timbal balik pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sangatlah penting karena itu sangat menentukan pemahaman, kemampuan serta membangun prinsip, niai, sikap kejiwaan yang berujung pada tingkah laku dalam kehidupan sosial masyarakat.