SEMESTER

 

Sebentar lagi liburan Keluarga SALAM telah usai. Sebelum liburan para Fasilitator telah merencanakan kegiatan belajar dismester baru—saatnya mengkomunikasikan ke masing-masing Orang Tua dan anak. Bisa jadi di masing-masing kelas akan membangun kesepakatan-kesepakatan penting memasuki Semester Baru 2018.

GRAFIS BY. GERNATATITI

Semester adalah istilah penanggalan dalam bahasa Latin yang terdiri atas sex atau six (enam) dan menstrues atau mensis (bulan) yang memiliki makna enam bulan berturut-turut. Istilah ini sering digunakan dalam periode paruh tahun ajaran pendidikan. Dalam penanggalan Gregorian, Semester dapat dihitung pada periode pertama: sejak bulan Januari hingga Juni (182 hari) dan periode kedua: Juli hingga Desember (184 hari).

Bagi banyak keluarga, yang namanya menyekolahkan anak hanyalah sekadar tes masuk, membayar uang sekolah, dan sesekali mengambil rapor. Hal yang serupa juga dirasakan banyak murid, sekolah hanyalah tempat belajar dan bertemu teman. Namun, di SALAM (Sanggar Anak Alam), antara orang tua, guru, murid, dan alumni, selalu terdapat ikatan dan rasa kebersamaan yang kuat. Kebersamaan ini membuat SALAM  menjadi lebih dari sekedar sekolah, tapi juga sebagai “rumah”, tempat bertemu kembali dengan keluarga.

Selamat menikmati kangen-kangenan