Warung Kopi Dst, CARAKA & Hari Pendidikan Nasional

Hari ini 2 Mei 2018 tepatnya nanti sore 2 Mei 2018, pukul 15.00 WIB Pameran Seni Rupa CARAKA dibuka, dan akan berlangsung hingga tanggal 15 Mei 2018. Acara yang digagas dan sepenuhnya dilaksanakan Forum Orang Tua Siswa SALAM (FORSALAM), memang sejak awal acara ini diselenggarakan selain sebagai bentuk dukungan Orang Tua Siswa SALAM terhadap keberlangsungan Komunitas Belajar SALAM juga secara khusus merupakan bentuk ekspresi Warga SALAM dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018.

Ternyata lumayan banyak Kerabat SALAM yang berprofesi sebagai perupa, tentu tak mengherankan, ternyata pada fase tertentu, dulu Ki Hadjar Dewantara juga pernah berjuang bersama-sama para perupa, selain urusan kemerdekaan Bangsa Indonesia juga terkait dengan pendidikan yang diperjuangkan Ki Hadjar.

Jadi perhelatan CARAKA semacam napak tilas para perupa mengenang perupa-perupa senior mereka yang bergerak menggunakan media seni rupa untuk memperjuangkan kemerdekaan manusia bersama Ki Hadjar Dewantara.

Ada setitik harapan, dengan dimulai perhelatan CARAKA ini diharapkan secara organik, alamiah bergulir terbentuk organisme para perupa yang memiliki perhatian terhadap pendidikan yang memerdekakan dengan cara mendialogkan, terlibat dalam proses-proses belajar dilingkungan kita—bisa jadi akan terbangun simbiose mutualisme terhadap kaya-karya senirupa yang mampu menghadirkan inspirasi bagi pemerdekaan manusia.

Perhelatan CARAKA ini sengaja diselenggarakan di Warung Kopi Dst, yang didirikan oleh suami-istri Orang Tua Siswa SALAM, selain tempat ini menjadi ajang pertemuan bagi Keluarga SALAM—semoga representatif dan mampu bermetamorfosis menjadi semacam galeri untuk para perupa Kerabat SALAM berlanjut di hari-hari kemudian.

Sekali lagi kami mengucapkan Selamat Berpameran, Selamat Hari Pendidikan Nasional 2018.

Silahkan Anda semua hadir, ikut meramaikan perhelatan ini