BULAN PRESENTASI SALAM, Pameran Seni rupa & Presentasi Adia Kls 9 SMP

Pagi ini, 3 April 2019, di ruang Togog-Mbilung diadakan sebuah pameran karya lukisan dan gambar dari rangkaian acara bulan presentasi Salam. Pameran tersebut berawal dari kelas minat menggambar untuk anak-anak Salam yang diadakan setiap hari kamis sepulang sekolah. Kelas minat ini difasilitasi Pak Bima Batutama, yang adalah orang tua murid yang juga sekaligus pelukis. Dalam pameran ini, terdapat 40 karya lukisan dan gambar dari anak-anak tersebut. Tak hanya pameran, di ruangan ini terdapat salah satu siswa kelas 9 yang akan mempresentasikan tentang risetnya.

Kumpulan Karya Seni rupa anak SALAM Yang diasuh Pak Bima Batutama
Bu Wahya menyaksikan pameran

Adia (14), salah satu murid kelas 9 SMP Salam ini lahir dari keluarga pelukis. Ia sudah banyak menghasilkan karya lukisan maupun gambar, dari berbagai teknik dan jenis gambar. Adia mampu menyelesaikan 2-3 karya dalam sehari, dengan teknik kesukaannya yaitu sketsa. Hari ini Adia menceritakan tentang minatnya kepada pengunjung ruangan Togog-Mbilung.

Adia Siswi SMP SALAM

Ia juga memamerkan hasil karyanya, mulai dari video tutorial menggambar sampai ke karyanya lukisannya secara langsung. Salah satu lukisan yang ia pamerkan adalah lukisan balerina dengan lagi-lagi teknik sketsa. Ia bilang teknik sketsa lebih menarik karena warnanya yang hanya hitam dan putih, ketimbang gambar atau lukisan yang berwarna. Adia mendapatkan inspirasi melukis dari film-film yang ia tonton, juga dari novel yang ia baca. Jika ada orang yang memberi ide atau saran, biasanya akan ia terima kemudian dikembangkan menjadi lukisan. Karena Adia sekarang sudah kelas 9 SMP, maka ia akan segera masuk ke jenjang yang lebih tinggi. Ia ingin melanjutkan belajar dan mengasah minatnya di SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) Yogyakarta. []