Menggali Ide dari Sekitar

Bagi Mahendra Satria Wibawa, melukis di atas media t-shirt seperti yang dilakukannya dalam karya kolaborasi bersama anak-anak Salam di CARAKA#2 ini bukanlah hal asing. Pampam, begitu ia sering disapa, melihat t-shirt sebagai media yang menantang untuk dieksplorasi.

doc. Caraka

Bersama Nuno (kelas 6 SD Salam) dan Ara (Kelas 9 SMP Salam), Pampam menggali ide seputar hal-hal yang dekat dengan kehidupan mereka untuk diekspresikan di media t-shirt. Hasilnya, kedua anak mengeksplorasi typografi dengan pesan-pesan yang khas ‘anak Salam’, seperti menuliskan kesepakatan Salam ‘Jaga diri, Jaga teman, Jaga lingkungan’serta pesan ‘This t-shirt is too good for you’ dengan ilustrasi sepasang mata dan diberi judul ‘Mengintai’. Pampam memilih menggunakan rubber dan binder sebagai material pengganti cat, mengingat material yang akrab dipakai untuk teknik cetak saring (sablon) ini lebih awet untuk media t-shirt yang akan sering dicuci.

Pampam menggeluti lukis kaos sejak 3 tahun yang lalu. Dengan teknik pemesanan di awal (pre-order), Pampam telah mengerjakan ratusan karya custom dengan berbagai tema gambar untuk para pelanggannya. Bagi pria yang aktif mengikuti pameran seni rupa sejak 2004 silam, dan telah dua kali menggelar pameran tunggal ini, seni sebagai medium pembelajaran bersama anak selalu memilki daya tarik tersendiri. Seperti yang ia lakukan bersama anak-anak di komplek perumahan tempat ia bermukim bersama keluarga kecilnya. Ayah dari Arunda ini aktif mengajak anak usia TK-SD di perum Sewon Residence untuk bereksplorasi membuat costplay dari berbagai bahan.

doc.CA.RA.KA

Bagi pria yang mendalami seni grafis murni di ISI Jogja sejak 2004 silam ini, terlibat dalam kerja kolaboratif seni bersama anak-anak menjadi tantangan yang menyenangkan. Ia sendiri merasa kerja kolaboratif bersama Ara dan Nuno yang hasilnya tengah dipamerkan dalam CARAKA#2 di Kopi Dst hingga 23 Desember 2018 mendatang, belum optimal. Mencari waktu yang longgar adalah salah satu kendala bagi Pampam yang saat ini tengah sibuk mempersiapkan karya grafis cukil untuk bandara Semarang. []