Musim Liburan

Di penghujung tahun seperti sekarang ini, hawa liburan memang sudah terasa. Banyak orang telah merencanakan—memang akhir tahun, waktu yang tepat untuk berlibur, selain tanggal merah yang banyak tersedia, apalagi bila ditambah dengan jatah cuti yang masih tersisa, terdapat pula banyak promosi berlibur menggiurkan yang sayang bila dilewatkan. Rasanya bila di akhir tahun seperti ini, semua toko berlomba memberikan penawaran liburan terbaik. Coba mari kita ulas apa saja kegiatan yang menarik selama liburan akhir tahun ini. Walaupun ada juga orang-orang seperti saya yang tidak punya tradisi liburan—tentu jumlahnya lebih sedikit.

Liburan

Karena musim liburan memang identik dengan perjalanan jauh, mulai dari bulan lalu sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promosi selama musim liburan, yaitu pertengahan Desember hingga awal Januari. Sebut saja Airasia yang gencar menawarkan promosi dengan harga murah untuk jadwal penerbangan selama liburan, tapi bukan Airasia namanya kalau tidak harus rebutan membelinya. Ditambah lagi, AirAsia Gomenyediakan combo tiket pesawat dengan kamar hotel. Bahkan maskapai sekelas Garuda pun seakan tak mau ketinggalan dalam menawarkan promo untuk menyemarakkan musim liburan. Punya poin GFF yang belum dipakai? Manfaatkan!

Kalau pun tidak memungkinkan untuk perjalanan jauh, mungkin perjalanan ke tempat rekreasi di pinggiran kota (atau di kota tetangga) bisa dipertimbangkan. Pilih lokasi yang kira-kira bisa dijangkau dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga Anda tidak perlu menginap.

Untuk yang tidak punya rencana pergi jauh selama liburan, jangan khawatir, ada alternatif menarik: shopping. Ya, berbelanja! Karena pastinya diskon akhir tahun sudah menunggu. Periode year-end sale akan mewarnai masa liburan akhir tahun. Mulai dari brand ternama di pusat perbelanjaan, hingga toko daring (online store) seperti Bhinneka hingga Rakuten dan Zalora pun sudah menyiapkan promo khusus liburan. Apalagi produk busana (fashion), lansiran musim semi dan musim panas akan diobral di musim dingin ini.  Toh, buat kita yang di iklim tropis, tak masalah mengenakan pakaian musim semi dan panas sepanjang tahun. Pun, menyambut tahun yang baru, busana musim gugur dan musim dingin akan segera dibersihkan dari gudang. Jadi biarpun tidak pergi jauh, modal liburan harus tetap disisihkan agar keinginan berbelanja terpuaskan.

Tak ada yang salah jika memilih untuk berlibur di rumah saja. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Mungkin ada pekerjaan atau kegiatan yang selama ini tertunda untuk dilakukan karena tidak ada waktu luang? Lakukan di saat liburan ini.

Untuk yang hobi nonton, akhir tahun memang waktunya istirahat untuk studio Hollywood, jadi memang tak banyak film baru yang bisa ditonton di bioskop. Tapi jika Anda banyak melewatkan film musim panas kemarin, coba cari DVD-nya untuk ditonton. Atau Anda juga bisa mencoba pengalaman baru dengan membeli atau menyewa film melalui iTunes Store.

Belajar memasak atau mengerjakan proyek do-it-yourself dari Pinterest juga menarik. Mencari hobi baru? Siapa tahu bisa ditekuni menjadi usaha baru. Bisa jadi.

Untuk yang berjiwa sosial, yuk isi liburan dengan kegiatan sosial. Selain bisa mengisi waktu liburan dengan pengalaman yang menarik, Anda juga berkontribusi secara sosial. Dijamin akan menjadi liburan yang takkan terlupakan sepanjang hidup.

Jadi, Apa Liburan Anda?

Nah, jadi bagaimana sudah memilih cara berlibur untuk akhir tahun ini belum? Apapun pilihannya, yang penting masa liburan harus dinikmati untuk hidup yang seimbang. Belum tentu semua orang bisa menikmati liburan di penghujung tahun ini. Selamat berlibur!