Restu Retnaningtyas

Restu Retnaningtyas, salah satu perupa perempuan yang mengikuti pameran CARAKA ini menampilkan karya yang begitu epik. Perempuan yang lahir di Tangerang pada tahun 1981 ini memberi judul “negentropy” pada karya lukisnya. Lukisan cat air diatas kertas tersebut karya yang ia buat pada 4 tahun yang lalu, yaitu tahun 2014.

Karya Restu Retnaningtyas

Pada lukisan tersebut, ia ingin menyampaikan tentang banyaknya tujuan dalam proses keseharian yang berakhir di satu titik. Sadar melakukan sesuatu, seperti rutinitas yang berulang-ulang. Ide dasar tersebut dari pribadinya yang berpikir dan merasa ia ada karena hal-hal kecil sederhana. Bahwa satu individu terdiri dari berbagai banyak hal yang berbeda. Seperti shampoo atau sikat gigi yang dipakai tiap masing-masing manusia, sebagai contoh hal kecilnya.

Sebagai perupa, ia pun mempunyai pendapat tentang seni dan pendidikan adalah hal yang saling berkaitan. Seperti di sekolah umum, pendidikan seni sangat minim karena pembelajaran tersebut hanya diajarkan secara permukaannya saja. Menurutnya, itu menjadikan banyak anak-anak muda tidak mengerti seni.

Wanita yang berkarya sejak tahun 2008 ini pun mempunyai karakter atau ciri khas tersendiri pada tiap karya lukisnya, yaitu bentuk objek visual yang sedikit suram dan warna yang feminim.